Perbedaan 4 Jenis TOEFL

admin

Artikel mearik

Perbedaan 4 Jenis Tes TOEFL: PBT, CBT, IBT, dan ITP

Perbedaan TOEFL : Meningkatkan pemahaman Anda tentang perbedaan jenis tes TOEFL yang ada. TOEFL, atau Test of English as a Second Language, adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan merupakan bahasa ibu mereka.

Tes TOEFL penting bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia global atau memiliki persyaratan pendidikan atau pekerjaan tertentu. Untuk menghadapi tes TOEFL dengan baik, persiapan mental, materi, dan biaya harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Dalam perkembangan zaman, TOEFL memiliki empat jenis tes, yaitu Paper-Based Test (PBT), Computer-Based Test (CBT), Internet-Based Test (IBT), dan Institutional Testing Program (ITP).

Keempat jenis ini bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris Anda dan juga sebagai persyaratan di sekolah luar negeri, melanjutkan pendidikan S2, pekerjaan, dan bidang pendidikan lainnya.

Anda dapat mengikuti kursus TOEFL di lembaga kami untuk mempersiapkan diri dengan baik. Meskipun keempat jenis tes TOEFL ini memiliki perbedaan, seperti durasi pengerjaan, skor, dan materi yang diujikan, namun semuanya tetap penting dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda.

PBT (Paper-Based Test)

Tes TOEFL PBT menggunakan media kertas seperti tes tulis di sekolah. Anda akan mengerjakan soal dengan menggunakan kertas dan pensil.
Materi yang diujikan terdiri dari:

  • Listening: 50 soal dengan waktu pengerjaan sekitar 25-30 menit.
  • Structure & Written Expression: Total ada 40 soal, terdiri dari 15 soal struktur dan 25 soal written. Waktu pengerjaan untuk keseluruhan soal adalah 25 menit.
  • Reading: 50 soal bacaan dengan waktu pengerjaan 55 menit.

CBT (Computer-Based Test)

Tes TOEFL CBT menggunakan media komputer, di mana peserta mengerjakan soal langsung di komputer yang sudah terpasang perangkat lunak khusus. Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk memilih jawaban yang tersedia di dalam sistem komputer. Durasi pengerjaan secara otomatis terintegrasi dengan soal.

IBT (Internet-Based Test)

Tes TOEFL iBT® mengukur kemampuan Anda dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris di tingkat universitas. Tes ini juga mengevaluasi seberapa baik Anda menggabungkan kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis dalam konteks akademik.

TOEFL iBT berguna untuk:

  • Siswa yang berencana melanjutkan studi di perguruan tinggi.
  • Program pembelajaran bahasa Inggris (penerimaan dan kelulusan).
  • Kandidat beasiswa dan sertifikasi.
  • Pelajar bahasa Inggris yang ingin melihat kemajuan bahasa Inggris mereka.
  • Siswa dan pekerja yang akan mengajukan visa.

Materi yang diujikan dalam tes TOEFL iBT mencakup: Listening, Reading, Speaking, dan Writing.

ITP (Institutional Testing Program)

Tes TOEFL ITP umumnya diujikan di beberapa negara, seperti di Asia. Tes ini merupakan tes resmi yang diakui oleh Educational Testing Service (ETS). Namun, TOEFL ITP tidak dapat digunakan sebagai persyaratan masuk ke perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Tes ini umumnya digunakan untuk kepentingan lembaga tertentu yang mensyaratkan tes TOEFL ITP.

Materi yang diujikan dalam tes ini meliputi: Listening, Structure & Written Expression, dan Reading.

Itulah empat jenis tes TOEFL yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL.

Tinggalkan komentar

Bergabunglah dengan kami di Horizon English Kebumen dan tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda untuk meraih sukses di dunia profesional dan akademis.

Horizon English Kebumen adalah lembaga bahasa yang menawarkan kursus bahasa Inggris berkualitas tinggi kepada individu dari segala usia. Bergabunglah dengan kami di Horizon English Kebumen dan tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda untuk meraih sukses di dunia profesional dan akademis.

Contact

Head Office

Jl. Kutoarjo No.32 RT.002 I RW.002, Selang, Kab. Kebumen.54314

Telp

0287 3881094

085227817589

Bergabunglah dengan kami di Horizon English Kebumen dan tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Anda untuk meraih sukses di dunia profesional dan akademis.
Open chat
How can we help?