Perbedaan tes TOEFL

Perbedaan 4 Jenis tes TOEFL

Apa saja jenis tes TOEFL dan juga perbedaannya??

TOEFL atau test of English as second language merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris seseorang yang bahasa ibunya bukan merupakan bahasa inggris. Tes toefl diujikan bagi siapa saja yang ingin memasuki dunia global dan juga sebagai persyartan tertentu dalam bidang pendidikan atau kerja. TOEFL sangat penting untuk kemajuan karir anda dimasa mendatang oleh karenanya anda perlu mempersiapkan mental, materi dan juga biaya sebelum mengikuti tes toefl.

Sesuai perkembangan zaman, TOEFL memiliki beberapa jenis tes yaitu; paper-based test, internet-based test, dan computer-based test. Ketiganya bertujuan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris yang anda miliki dan juga sebagai syarat diterimanya di sekolah luar negeri, sesuai perkembangan zaman, TOEFL juga menjadi syarat untuk melanjutkan pendidikan S2, Kerja, dan dalam bidang pendidikan yang lain. Pentingnya TOEFL untuk kemajuan karir anda dimasa depan, harus menjadi perhatian yang serius untuk lulus TOEFL dengan skor yang memenuhi kriteria kelulusan. Anda dapat mengikuti kursus TOEFL di lembaga kami, silahkan cek program kursus TOEFL disini. Selain ketiga jenis TOEFL diatas, TOEFL juga tersedia dalam bentuk Institutional Testing Program untuk siswa berkemampuan bahasa Inggris tingkat intermediate dan advanced. Biarpun demikian, keempatnya memiliki perbedaan, yakni waktu pengerjaan disetiap sesi, skor, dan materi yang diujikan.

1. PBT (PAPER BASED TEST)

Definisi

TOEFL yang diujikan dengan media kertas layaknya anda mengikuti ujian tulis di sekolah. Pengerjaan menggunakan media kertas dan pencil.

Materi yang diujikan terdiri dari ;

Listening: berjumlah 50 soal , waktu pengerjaan sekitar 25-30 menit.

Structure & Written expression;Secara keseluruhan sesi kedua ini berjumlah 40 soal,  berjumlah 15 soal untuk kategori sturucture, dan 25 soal untuk written. Adapun waktu pengerjaan selama 25 menit untuk keseluruhan soal.

Reading ; berjumlah 50 soal bacaan dan dikerjakan dengan waktu 55 menit.

2. CBT ( Computer Based TEST )

Definisi

Tes TOEFL yang menggunakan media computer dimana peserta mengerjakan soal langsung di computer yang sudah teinstall software. System pengerjaan hanya dengan menggunakan mouse dengan memilih jawaban yang sudah tersedia dalam system di computer, semua durasi waktu sudah secara otomatis satu kesatuan dengan soal.

 

3. IBT (Internet based TEST)

Definisi TOEFL IBT

Tes TOEFL iBT® mengukur kemampuan Anda untuk menggunakan dan memahami bahasa Inggris di tingkat universitas. Ini juga digunaan sebagai  evaluasi seberapa baik Anda menggabungkan kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis dalam bidang akademis.

Kegunaan TOEFL IBT

  •     Siswa berencana untuk belajar di perguruan tinggi
  •     Program belajar bahasa Inggris (penerimaan dan wisuda)
  •     Kandidat beasiswa dan sertifikasi
  •     Pelajar bahasa Inggris yang ingin mengetahui progress     bahasa inggris mereka
  •     Siswa dan pekerja yang akan mengajukan visa

Apa saja materi yang diujikan dalam tes TOEFL kategori IBT? Silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

IBT

4. ITP (Institutional Testing Program)

Tes TOEFL ITP umumnya diujikan dibeberapa Negara tertentu seperti di Negara kawasan asia. Indonesia adalah salah satu Negara yang menyelenggarakan tes TOEFL ITP. Tes toefl itp adalah tes resmi dibawah naungan lembag pendidikan ETS, cekwebsitenya disini yang memiliki fungsi sama dengan tes toefl lainnya. Namun dalam kegunaannya sedikit memiliki perbedaan yaitu tidak dapat digunakan sebagai syarat masuk diperguruan tinggi amerika. Tes itp umumnya digunakan untuk kepentingan lembaga tertentu dengan kebijakan masing –masing lembaga yang mensyartakan toefl itp. Kebijakan tersebut dapat berupa minimal skor.

TOEFL ITP umumnya digunakan sebagai syarat:

  • Beasiswa S2 program LPDP
  • S2 jalur umum
  • Perusahaan tertentu yang mesyartakan TOEFL ITP

Materi yang diujikan sebagai berikut :

Listening: berjumlah 50 soal , waktu pengerjaan sekitar 25-30 menit.

Structure & Written expression;Secara keseluruhan sesi kedua ini berjumlah 40 soal,  berjumlah 15 soal untuk kategori sturucture, dan 25 soal untuk written. Adapun waktu pengerjaan selama 25 menit untuk keseluruhan soal.

Reading ; berjumlah 50 soal bacaan dan dikerjakan dengan waktu 55 menit.

Itulah jenis tes toefl yang perlu diketahui sehingga anda dapat mempersiapkan diri sebelum tes toefl.

 

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *